BAB 1 ISD Sebagai Salah Satu MKDU
Nama : Wita Octaviani
Kelas : 1KA26
NPM : 18110565
1. Mahasiswa Dapat Menjelaskan Pengertian ISD
ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Dan mengajarkan mahasiswa bahwa kita hidup bukan di dunia milik pribadi,tetapi banyak orang-orang yang berada di sekitar kita untuk tidak berperilaku dengan seenaknya saja.
Studi Kasus
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalui ISD, diharapkan para mahasiswa akan mampu menyesuaikan diri berkat penghayatan akan arah perkembangan dalam masyarakat. Setelah menyesuaikan diri secara mantap, paling tidak ia mampu mengetahui ke arah mana pemecahan jalan keluar suatu permasalahan itu harus ditempuh. Masalah-masalah sosial yang berkembang sedemikian kompleks, baik yang bersifat lokal, regional, nasional maupun internasional seperti pengangguran, urbanisasi, penyelundupan dan kriminalitas, kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika.
Pertentangan ras dan pergolakan politik merupakan masalah-masalah sosial yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
( sumber: http://google.com/ )
Pertentangan ras dan pergolakan politik merupakan masalah-masalah sosial yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
( sumber: http://google.com/ )
Opini
ISD sangat penting untuk membina tingkah laku di lingkungan dan mengajarkan kita untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan yang kompleks dan berpikir kritis terhadap suatu masalah.
2. Tujuan ISD
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Mahasiswa juga diharapkan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dan bisa menjadi panutan yang baik dalam segala hal bagi lingkungan sekitarnya sebagai seseorang yang berpendidikan atau kuliah di perguruan tinggi karena dari awal sudah di ajarkan Ilmu Sosial Dasar.
Studi Kasus
Mahasiswa kalau buang sampah di kampus asal buang saja, walaupun sebenarnya ada tempat sampah di dekatnya. Padahal, imbauan untuk membuang sampah pada tempatnya sudah sering disampaikan.
( sumber: http://google.com/ )
Opini
Dari hal yang sekecil itu seperti yang dikatakan pada studi kasus di atas sebenarnya adalah tanggung jawab dari semua orang yang berada di kampus tersebut terutama adalah mahasiswa.Mahasiswa itu adalah siswa yang dimahakan, siswa yang besar, maka dari itu, mahasiswa harus mampu menjadi contoh dan panutan untuk menjaga lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan yang saat ini sudah rusak. Tidak perlu ribet untuk peduli terhadap lingkungan. Mahasiswa bisa mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.
3. Fungsi ISD Dalam Perguruan Tinggi
Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Tujuannya adalah :
1.Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.
2. Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masayrakat Indonesia
3. Mencetak insan-insan yang memiliki wawasan yang luas guna membantu pemerintah melakukan pembangunan bangsa dan Negara.
2. Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masayrakat Indonesia
3. Mencetak insan-insan yang memiliki wawasan yang luas guna membantu pemerintah melakukan pembangunan bangsa dan Negara.
4. Membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan cirri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
Studi Kasus
Banyak anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung cuek tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan. Contoh riilnya adanya geng motor anak muda yang melakukan tindakan kekerasan yang menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat.
( sumber: http://google.com/ )
Opini
Menurut saya terhadap studi kasus di atas karena adanya pengaruh globalisasi yang menganut kebebasan dan kurangnya pembelajaran tentang sosial kemasyarakatan yang mempunyai norma-norma yang berlaku untuk kehidupan di masyarakat tersebut.
4. Perbedaan Antara ISD dan IPS
a. Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
5. Persamaan Antara ISD dan IPS
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar